Thursday, June 9, 2022

Erapor ( Penilaian Akhir Semester Genap SMPN 1 Kota Komba Tahun Pelajaran 2021/2022)



 

Aplikasi e rapor SMP kurikulum 2013 versi 2.2 ini telah mencakup Kebijakan Merdeka Belajar dalam kondisi wabah covid-19. Di antaranya adalah memberikan fasilitas kepada sekolah untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), sesuai kurikulum 2013 secara menyeluruh (sesuai Permendikbud RI nomor 37 tahun 2018).

Aplikasi e rapor jenjang SMP ini dilakukan update yang bertujuan agar dapat memberikan hasil lebih baik, dengan menyesuaikan keadaan yang terjadi pada saat ini. Hal ini dimaksudkan untuk memberi fasilitas kepada tenaga pendidik (tendik) dalam perencanaan, pengolahan dan pelaporan hasil belajar peserta didik.

Dengan dirilisnya aplikasi e raport SMP K13 versi terbaru dari aplikasi e rapor ini, harapannya dapat membantu para tenaga kependidikan, guru serta wali kelas, dalam menyajikan dan mengolah hasil evaluasi belajar para peserta didik. Di samping itu dengan adanya e rapor, sekolah juga mudah dalam mencetak hasil rapor sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini yaitu Kurikulum 2013, tanpa perlu secara manual dan menuliskannya satu-satu untuk setiap siswa.

Baik sekolah satuan tingkat SD, SMP, maupun SMA dan SMK telah menggunakan aplikasi e rapor (yang sesuai dengan jenjang pendidikannya ) yang direkomendasikan untuk setiap satuan pendidikan.

Bagi sekolah yang sama sekali belum pernah menggunakan aplikasi e rapor, sangat disarankan untuk mengikuti panduan pengisian dan penggunaan e rapor SD ini dengan benar. Oleh karena itulah pada bagian akhir artikel akan kami sertakan link download file lengkap, dari master aplikasi e rapor, update terbaru hingga panduannya, sesuai dengan file yang ada pada laman http://ditsmp.kemdikbud.go.id/erapor/.

Aplikasi e-Rapor SMP sebagai salah satu instrumen akuntabilitas penilaian oleh pendidik, diharapkan dapat membantu dan mempermudah tugas pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan menganalisis hasil penilaian, mencetak rapor, serta melaporkan hasil penilaian peserta didik kepada orang tua/wali murid, hingga disinkronisasikan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 Daftar Pembaharuan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2

Versi 2.2

1.    [Pembaharuan] Penambahan sub menu Data Kompetensi Dasar pada menu Data Referensi Lokal (admin sitem paket)

2.    [Perbaikan]Perbaikan tampilan Data Kompetensi Dasar dikelompokkan berdasarkan KD dari Permen 37, Balitbang, atau Mandiri (admin sitem paket)

3.    [Pembaharuan] Penambahan menu Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket)

4.    [Pembaharuan] Penambahan menu Download Format Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket)

5.    [Pembaharuan] Penambahan menu Upload Kompetensi Dasar (admin sitem paket)

6.    [Pembaharuan] Penambahan menu aktif/non aktifkan Kompetensi Dasar secara bersamaan (Guru)

7.    [Pembaharuan] Penambahan Data Kompetensi Dasar sesuai permendikbud 37

8.    [Perbaikan]Perbaikan pengambilan data sekolah

9.    [Perbaikan]Perbaikan referensi Agama Khonghucu

10. [Perbaikan]Perbaikan pengecekan nilai yang dikirim ke dapodik

11. [Perbaikan]Nonaktif Tombol “Tanpa Setting Kertas” pada cetak rapor.

Catatan Penting Rilis Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2

 Bagi yang sudah menggunakan e-Rapor V1.1, untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara sebagai berikut:

1.    Pastikan sudah melakukan instalasi e-Rapor SMP V1.0 dan sudah update ke V1.1;

2.    Backup pekerjaan anda sebelum update ke Versi 1.2;

3.    File backup di Versi 1.1 hanya dapat di restore di Versi 1.1 (database yang sama);

4.    Lakukan updater dari Versi 1.1 ke Versi 1.2 (jangan melakukan uninstal aplikasi e-Rapor V1.1 yang sudah terinstal sebelumnya);

5.    Selama proses update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;

6.    Jika penginputan nilai rapor sudah dilakukan manual langsung di dapodik, jangan melakukan sinkron nilai e-Rapor ke dapodik karena akan menyebabkan data menjadi ganda di dapodik;

7  Sebelum melakukan sinkron ke dapodik, pastikan tidak ada data pembelajaran yang ganda;

8.    Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;

9.    Penginputan nilai USBN dapat dilakukan di e-Rapor yang kemudian disinkronkan ke dapodik.

 Bagi yang akan mulai menggunakan e-Rapor V1.2

1.    Sangat disarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan e-Rapor dan panduan penilaian;

2.    Sebelum mulai menggunakan e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; Jangan sampai ada lagi siswa salah rombel, siswa salah data rincian, penginputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat menyebabkan permasalahan bertingkat.

3.    Silakan mulai prosedur penginstalan e-Rapor mulai dari Versi 1.0, kemudian updater Versi 1.1, lalu lanjut ke updater Versi 1.2;

4.    Pastikan menginstal e-Rapor diperangkat yang terdapat aplikasi Dapodik;

5.    Selama proses instal dan update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;

6.    Setelah selesai instalasi, akan muncul 2 port yang bisa diakses. Port 2679 untuk akses local host, dan port 3679 untuk akses melalui client;

7.    Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;

8.    Pastikan untuk tidak menginstal versi 2018, karena versi tersebut adalah versi ujicoba.




bagi teman-teman yang kesulitan mendownload aplikasi Eraport daari server Kementerian, teman-teman dapat mendownload melalui link berikut : LINK DOWNLOAD ERAPOR

Tuesday, May 31, 2022

UJIAN SEMESTER SMP NEGERI I KOTA KOMBA TAHUN 2022








Penilaian kenaikan kelas (ujian kenaikan kelas) dilaksanakan sesuai kelender pendidikan yang telah disusun diawal tahun pelajaran dan disesuaikan dengan kelender pendidikan yang dikeluarkan oleh dinas PPO Kab Matim.  Ujian kenaikan kelas (UKK) Semester genap tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan secara daring seperti tahun sebelumnya. Dalam rangka memperlancar pelaksanaan ujian semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Pada SMPN 1 KK, Perlu membentuk Panitia pelaksanaan ujian yang dibuat dalam surat keputusan Kepala Sekolah. 1. Mengingat dan memperhatikan keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) No. 0043/BSNP/2017 Tanggal 23 Januari 2017 dan Nomor 08/D/HK/2017 tanggal 25 Januari 2017 tentang Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun pelajaran 2019/1020. 2. Permendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian. 3. Petunjuk dan arahan Kepsek SMPN 1 KK dalam rapat dewan Guru dan pegawai tertanggal 19 mei 2022. Adapun kepanitian dan pelaksanaan UKK semester genap termuat dalam SK Panitia dan tanggal pelaksanaan UKK dimulai kamis 02 juni - 08 Juni 2022.

Lampiran I          

Surat Keputusan Kepala SMPN 1 Kota Komba

Nomor                 :    31/I.24.29/SMPN 1 KK/KP/V/2022

Tanggal                :    19 Mei 2022

Tentang               :    Susunan Kepanitiaan Pelaksanaan Ujian Semester II

Tahun Pelajaran   :    2021-2022

 Surat Keputusan Kepala SMPN 1 Kota Komba

Nomor                 :    31/I.24.29/SMPN 1 KK/KP/V/2022

Tanggal                :    19 Mei 2022

Tentang               :    Susunan Kepanitiaan Pelaksanaan Ujian Semester II

Tahun Pelajaran   :    2021-2022

I.  Panitia Inti

Penanggung Jawab

:

Kepala Sekolah

Ketua Pelaksana

:

Agustina K.Krowin, S.Pd

Sekretaris

:

Melania Rimbun, S.Pd

Anggota

:

 

 

1

Yuliana Na,S.Kom

 

2

Vitalis Cangkang,S.Pd

 

3

Wilfrida Anggo,S.Pd

 

4

Maria Y.Jeok,S.Pd

Bendahara

:

 

 

1

Maria M.Gaka,S.Pd

 

2

Stefania Benut, S.Pd

Seksi-Seksi

:

 

Koordinator Umum

:

Agustina K.Krowin, S.Pd     

Seksi Penyusunan soal

 

 

Koordinator

:

Mansuetus Jarot, S.Pd

Anggota

:

Semua guru mata pelajaran

Seksi Pengetikan/Perakitan

 

 

Koordinator        

:

Maksi Missa,S.Pd

Anggota

:

Tim Bidang Studi

Seksi Portal

 

 

Koordinator

:

Agustina K.Krowin S.Pd

Anggota

1

Vitalis Cangkang,S.Pd

 

2

Wilfrida Anggo,S.Pd

 

3

Maria Y.Jeok,S.Pd

Seksi Perlengkapan IT

 

 

Koordinator

:

Rosalia Ndee, A.Md

Anggota

:

Semua Pengawas Ruang Ujian

Seksi Pengatur Ruang Ujian

 

 

Koordinator            

:

Parung Gerardus,S.Pd

Anggota

1

Wilibrodus Jehadun,S.Pd

 

2

Ferdinandus U.Junda,S.Pd

 

3

Maulidin Mar’ruf,S.Pdi

 

5

Semua Bapak/Ibu Wali kelas

Seksi Pengawas Ruang Ujian

 

 

Koordinator            

:

Agustina K.Krowin, S.Pd

Anggota

1

Maksi Missa,S.Pd

 

2

Vitalis Cangkang, S.Pd

 

3

4

Rosalia Ndee,A.Md

Wilfrida Anggo,S.Pd

 

5

Maria Y.Jeok,S.Pd

 

6

Rosalia Mersiani,S.Pd

 

7

Edeltrudis Moi,S.Pd

 

8

Venansia Awi,S.Pd

 

9

Wilibrodus Jehadun,S.Pd

 

10

Ferdinandus U.Junda,S.Pd

 

11

Maulidin Ma’ruf,S.Pdi

Seksi Konsumsi

 

 

Koordinator        

:

Stefania Benut,S.Pd

Anggota

1

Irmina Elsiana,S.Ag

 

2

Maria M.Gaka,S.Pd

 

3

Melania Rimbun,S.Pd

 

4

Maria Tadeo,S.Pd

 

  

 

 

Seksi Penerangan/Generator

 

 

Koordinator        

:

Mansuetus Jarot, S.Pd

Anggota

1

Wilibrodus Jehadun,S.Pd

 

2

Ferdinandus U.Junda,S.Pd

Seksi Analisis Nilai Akhir

 

 

Kordinataor

:

Maksi Missa, S.Pd

Anggota

:

Semua guru mata pelajaran


 

 


 Lampiran 2

Surat Keputusan Kepala SMPN 1 Kota Komba

Nomor                 :    31/I.24.29/SMPN 1 KK/KP/V/2022

Tanggal                :    19 Mei 2022

Tentang               :    Jadwal Pelaksanaan dan Pengawas Ujian Semester II


NO HARI/TANGGAL JAM MATA PELAJARAN KELAS
VII VIII A VIII B
1 KAMIS, 2-06-2022 08.090-09.30
10.00-11.30
BINDO VII
AGAMA KATOLIK VII
AGAMA ISLAM VII
BINDO VIII
AGAMA KATOLIK VIII
AGAMA ISLAM VIII
01 & 03
06 & 10
02 & 04
07 & 09
03 & 11
03 & 08
2 JUMAT, 3-0602022 08.090-09.30
10.00-11.30
MATEK VII
PKN VII
MATEK VIII
PKN VIII
04 & 11
01 & 10
01 & 08
03 & 09
02 & 07
05 & 06
3 SABTU, 4-06-2022 08.090-09.30
10.00-11.30
BING VII
IPS VII
BING VIII
IPS VIII
02 & 07
01 & 03
04 & 09
08 & 11
05 & 10
06 & 07
4 SENIN, 6-06-2022 08.090-09.30
10.00-11.30
IPA VII
PRAKARYA VII
IPA VIII
PRAKARYA VIII
01 & 02
07 & 08
03 & 04
09 & 10
05 & 06
06 & 11
5 SELASA, 7-06-2022 08.090-09.30
10.00-11.30
SB VII
PJKR VII
SB VIII
PJKR VIII
01 & 03
04 & 06
05 & 11
07 & 10
02 & 08
09 & 11
6 RABU, 8-06-2022 08.00-09.30 TIK VII TIK VIII 06 & 06 07 & 08 09 & 10

Saturday, April 2, 2022

UJIAN SEKOLAH BERBASIS DARING

 

Ujian Akhir Sekolah (UAS) merupakan kegiatan evaluasi yang dilakukan secara rutin di setiap sekolah. Tujuan diadakannya evaluasi pembelajaran adalah untuk melihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Oleh karena itu, SMPN 1 KOTA KOMBA mengadakan kegiatan evaluasi pembelajaran Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada 04-07 April 2022 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas IX sebanyak 54 siswa.

Penilaian Akhir adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester dan/atau akhir tahun Sesuai dengan PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 53 TAHUN 2015 TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. SMP Negeri 1 Kota Komba sebagai salah satu lembaga pendidikan Formal wajib melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa dalam rangka memenuhi tuntutan Permen diatas sesuai dengan Kalender Pendidikan yang diatur dalam program kerja tahunan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur secara Online/ Dalam Jaringan (DARING)  dimana Soal diketik oleh PANITIA Pengetikan Soal dalam Google Form kemudian Link Soal dikumpulkan ke Admin yang selanjutnya dikemas dalam Blog sekolah di Roster Ujian. Untuk menghindari adanya Peserta Ujian Gadungan maka dalam perakitan soal diamankan dengan token ujian yang hanya diketahui oleh Panitia Ujian dan akan dibagikan kepada peserta ujian pada hari pelaksanaan Ujian .  Pelaksanaan Ujian dimaksud berdasarkan Surat Keputusan Kepala SMP Negeri 1 Kota Komba Nomor  :19 /I.24.29/SMPN 1 KK/KP/II/2022 tentang Pembentukan Panitia Pelaksanaan Ujian Semester VI untuk Kelas 9 dan UJian Tengah Semester SMPN 1 Kota Komba Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan lamoiran  Komposisi Panitia Sebagai berikut : 

Lampiran I          

Susunan Panitia USBD dan US  Pada Tingkat SMPN 1 Kota Komba Tahun Pelajaran 2021-2022

Nomor: 23/I.24.29/SMPN 1 KK/KP/11I/2022

 

I.  Panitia Inti

     1.  Penanggung Jawab      :    Kepala Sekolah

     2.  Ketua Pelaksana           :    Agustina K.Krowin, S.Pd (Kaur Kurikulum )

     3.  Sekretaris                     :    Melania Rimbun, S.Pd

            Anggota                      : 1. Yuliana Na, S.Kom

                                                  2. Rosalia Ndee, A. Md


     4.  Bendahara                    :    1.Maria M.Gaka, S.Pd

                                                   2. Stefania Benut, S.Pd

 

II. Seksi-seksi                         

     1.  Penyusunan Soal

          Koordinator             :    Mansuetus Jarot, S.Pd               

          Anggota                   :    Semua guru Mata Pelajaran

 

     2.  Seksi Pengetikan  Soal             

          Koordinator              :    Maria M. Gaka, S.Pd

          Anggota                   :    1. Yuliana Na,S.Kom

                                                2. Maksi Missa, S. Pd

                                               3. Vitalis Cangkang, S.Pd

                                               4. Venansia Awi,S.Pd

                                               5.Wilfrida Anggo,S.Pd

                                               6. Maria Yasintaana Jeok,S.Pd

                                               7.Wilibrodus Jehadun,S.Pd

                                               8. Rosalia Mersiani, S.Pd

                                               9. Maulidin Ma’ruf,S.Pdi

                                              

 

     3.  Seksi Pengepakan    : Wilfrida Anggo, S. Pd

     4. Perakitan 

          Koordinator             :    Maksi Missa, S.Pd                  

          Anggota                   :    1. Yuliana Na ,S.Kom

                                               2. Maksi Missa,S.Pd

                                               3. Vitalis Cangkang, S.Pd

                                               4. Venansia Awi, S.Pd

                                           5. Wilfrida Anggo, S.Pd                                               

                                               6. Maria Y. Jeok,S.Pd

                                               7. Wilibrodus Jehadun,S.Pd

                                               8. Rosalia Mersiani, S. Pd

                                                9. Maulidin Maruf, S. Pdi 

 

     4.  Seksi Konsumsi

          Koordinator             :    Stefania Benut, S.Pd              

          Anggota                   :    1.Irmina Elsiana,S.Pd

                                               2. Edwltrudis Moi , S. Pd

                                               3. Rosalia Ndee, A.Md

                                                

     5.  Seksi Pengatur Ruang Ujian

          Koordinator             :    Vitalis Cangkang, S.Pd                       

          Anggota                   :    1. Wilibrodus Jehadun, S.Pd

                                               2. Ferdinandus Junda,S.Pd

                                               3. Maulidin Maruf, S.Pdi

                                               4. Wali kelas IX

 

     6.  Seksi Pengawas Ruang Ujian

          Koordinator             :    Parung Gerardus,S.Pd             

          Anggota                   :    1. Maksi Missa, S. Pd

                                                2. Vitalis Cangkang, S. Pd

                                                3. Rosalia Mersiani, S. Pd

                                                4. Maria Y. Jeok, S. Pd

                                                5. Venansia Awi, S. Pd

                                                6. Wilfrida Anggo, S. Pd

                                                7. Wilibrodus Jehadun, S. Pd

                                                8. Ferdinandus U. Junda, S. Pd

                                                9. Maulidin Ma'ruf, S. Pdi 

    7.Seksi Pengolahan Nilai  Akhir

          Koordinator             :    Agustina K.KrowinS.Pd                  

          Anggota                   :    Semua guru Mata Pelajaran

                                                                        

                                                           ROSTER DAN KODE PENGAWAS                                                     


NO HARI/TANGGAL JAM MAPEL Ruang 1 Ruang 2
1 Senin 04-04-2022 07.30-09.00 BAHASA INDONESIA 1. Maksi Missa, S. Pd
2. Wilfrida Anggo, S. Pd
1. Ferdinandus U. junda, S. Pd
2. Maria Y. Jeok, S. Pd
09.30-10.30 AGAMA KATOLIK 1. Venansia Awi, S. Pd
2. Wilibrodus Jehadun, S. Pd 1. Wilfrida Anggo, S. Pd
2. Ferdinandus U. Junda, S. Pd
AGAMA ISLAM
10.30-1-.45 ISTIRAHAT
10.45-11.35 SENI BUDAYA 1. Vitalis Cangkang, S. Pd
2. Rosalia Mersiani, S. Pd
1. Maksi Missa, S. Pd
2. wilfrida Anggo, S. Pd
2 Selasa, 05-04-2022 07.30-09.00 BING 1. Wilfrida Anggo, S. Pd
2. Venansia Awi, S. Pd
1. Wilibrodus Jehadun, S. Pd
2. Ferdinandus U. junda, S. Pd
09.30-10.30 IPS 1. Maria Y. Jeok, S. Pd
2. Wilibrodus Jehadun, S. Pd
1. Ferdinandus U. Junda, S. Pd
2. Venansia Awi, S. Pd
09.30-10.30 ISTIRAHAT
10.45-11.35 PJOK 1. Wilfrida Anggo, S. Pd
2. Wilibrodus Jehadun, S. Pd
1. Vitalis Cangkang, S. Pd
2. Ferdinandus U. Junda, S. pd
3 Rabu, 06-04-2022 07.30-09.00 MATEK 1. Wulfrida Anggo, S. Pd
2. Rosalia Mersiani, S. Pd
1. Venansia Awi, S. Pd
2. Maria Y. Jeok, S. Pd
09.30-10.30 PKN 1. Wilibrodus Jehadun, S. Pd
2. Venansia Awi, S. Pd
1. Ferdinandus U. Junda, S. Pd
2. Maria Y. Jeok, S. Pd
09.30-10.30 ISTIRAHAT
10.45-11.35 PRAKARYA 1. vitalis Cangkang, S. Pd
2. Rosalia Mersiani, S. Pd
1. Ferdinandus U. Junda, S. Pd
2. Maria Y. Jeok, S. Pd
4 Kamis, 07-04-2022 07.30-09.00 IPA 1. Maulidin Ma'ruf, S. Pdi
2. Venansia Awi, S. Pd
1. Wilfrida Anggo, S. Pd
2. Wilibrodus Jehadun, S. Pd
09.30-10.30 TIK 1. Maria Y. Jeok, s. Pd
2. Wilibrodus Jehadun, s. Pd
1. Maksi Missa, S. Pd
2. Venansia Awi, s. Pd





NAMA DAN KODE PENGAWAS
1MARIA BERNADETTE, S.Pd11VITALIS CANGANG, S.Pd
2AGUSTINA K. KROWIN, S.Pd12EDELTRUDIS MOI, S.Pd
3MANSUETUS JAROT, S.Pd13ROSALIA MERSIANI, S.Pd
4MARIA M. GAKA, S.Pd14MARIA Y. JEOK, S.Pd
5MELANIA RIMBUN, S.Pd15VENANSIA AWI, S.Pd
6IRMINA ELSIANA, S.Ag16WILFRIDA ANGGO, S.Pd
7STEFANIA BENUT, S.Pd17MARIA TADEO, S.Pd
8PARUNG GERARDUS, S. Ag18WILIBRODUS JEHADUN, S.Pd
9ROSALIA NDEE, S.Pd19FERDINANDUS U. JUNDA, S.Pd
10MAKSI MISSA. S.Pd20MAULIDIN MA'RUF, S.Pd

TATA CARA UJIAN BAGI PESERTA DIDIK

1. Peserta Didik Membuka Browser
2. Membuka Blog SMPN 1 Kota Komba atau klik link https://smpn1kotakombakeren.blogspot.com/ 
3. Membuka Tab Pelaksanaan Ujian Ahir Sekolah
4. Klik Mata Pelajaran Ujian pada Roster Ujian untuk mengerjakan Soal UJian
5. Nilai masing-masing peserta dapat dilihat segera setelah pengeriman pekerjaan ujian
5. Token akan diperoleh pada saat pelaksanaan Ujian


Demikian Proses Persiapan dan Pelaksanaan Ujian dalam blog ini....


Salam Hormat dari kami TIM IT SMPN 1 Kota Komba

Featured post

ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL 2023/2024

  ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL 2023 Pendidikan    Desember 4 Desember, 2023 Asesmen sumatif , yaitu asesmen yang dilakukan untuk me...