Friday, December 2, 2022

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

   

Civitas SMPN 1 Kota Komba pada perahayaan HUT PGRI November 2022


KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 1 KOTA KOMBA

NOMOR : 98/I.24.29/SMPN 1 KK/KP/X11/2022

T E N T A N G

                                                        Panitia Ujian Semester Ganjil

Tahun Pelajaran 2022/2023

 

Menimbang          :

 

 

 

 

Mengingat            :

 

 

 

 

 

    

 

 

 

 

1.

 

 

2.

 

1.

2.

 

3.

 

4.

 

 

5.

6.

Bahwa dalam rangka memperlancar pelaksanaan ujian semester  I  pada SMP Negeri 1 Kota Komba, maka dipandang perlu membentuk panitia pelaksanaan ujian;

Bahwa Pembagian Tugas untuk kelancaran Pelaksanaan ujian Semester 1 harus dibuatkan dalam surat keputusan Kepala Sekolah.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Praturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional  Pendidikan

Keputusan  Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor 0433/P/1993 Nomor 25 Tahun 1993 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0043/BSNP/I/2017 tanggal 23 Januari 2017 dan Nomor 08/D/HK/2017 tanggal 25 Januari 2017 Tentang Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional dan Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian.

Memperhatikan      :  Petunjuk dan arahan Kepala SMPN 1 Kota Komba dalam Rapat Dewan Guru dan Pegawai SMPN 1 Kota Komba, tertanggal 15November  2022 tentang Pembentukan Panitia Ujian Semester I;

 

M e m u t u s k a n

Menetapkan            

Pertama               :  Menunjuk  dan menugaskan personalia yang namanya terlampir di dalam Surat Keputusan ini untuk menjadi panitia ujian semester I;

Kedua                  :    Menegaskan agar panitia melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan memegang teguh kerahasiaan;

Ketiga                  :    Segala biaya akibat dikeluarkan surat keputusan ini dibebankan pada anggaran yang sesuai;

Keempat              :    Jika di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya;

Kelima                 :    Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

                                                                                      

                                                                                        Ditetapkan di  : Waelengga

                                                                                        Pada tanggal     : 24 November 2022

                                                                                        Kepala Sekolah,

 

                                                                                        

                                                                                      Maria Bernadette,S.Pd                                                                                                                                    NIP.19690911200604 2 015



Lampiran                   : 1 Sususnan Panitia Ujian SMP N 1 Kota Komba Semester Ganjil

Nomor                        : 98/1 24.29/SMP N 1 KK/KP/XII/2022

Tahun Pelajaran       : 2022/2023

Kepanitiaan Ujian Semester Ganjil

Tanggal, 5 Desember 2022

 

1.      Penanggung Jawab     : Maria Bernadette, S.Pd

2.      Ketua Panitia               : Agustina K. Krowin, S.Pd

3.      Sekertaris                    : Maria Y. Jeok, S.Pd

Anggota                      :

1.      Maulidin Maruf, S.Pd

2.      Wilibrodus Jehadun, S.Pd

3.      Vitalis Cangkang, S.Pd

4.      Venansia Awi, S.Pd

4.      Bendahara                   : 1. Maria M. Gaka, S.Pd

2.                                           2. Stefania Benut, S.Pd

5.      Seksi-Seksi                  :

Koordinator    Umum : Agustina K. Krowin, S.Pd

A.    Penyusun Soal

      Koordinator          : Maria M. Gaka, S.Pd

      Anggota                : Semua Bapak/Ibu Guru

B.     Pengetikan            : Melania Rimbun, S.Pd

Anggota                : Tim Bidang Studi

C.     Perakitan Soal       :

Koordinator          : 1. Vitalis Cangkang, S.Pd

                                      2. Maria Y. Jeok, S.Pd

                                      3. Maulidin Maruf, S.Pdi

                                      4. Rosalia Mersiani, S.Pd

                                      5. Wilibrodus Jehadun, S.Pd

                                      6. Venansia Awi, S.Pd

                                      7. Ermelinda Y. Rini, S.Pd

                                      8. Wilfrida Anggo, S.Pd

                                      9. Mahasiswa PPL

6.      Pengatur Ruang Ujian

Koordinator                : Mansuetus Jarot, S.Pd

                                    : Semua Wali Kelas

7.      Pengawas Ruang Ujian

Koordinator                :

Anggota                      : Pengawas Ruang Ujian

8.      Seksi Konsumsi

Koordinator                : Irmina Elsiana, S.Ag

Anggota          : 1. Edeltrudis Moi, S.Pd

                                    : 2. Maria Tadeo, S.Pd

                                    : 3. Rosalia Ndee, A.Md

                                    : 4. Mahasiswa PPL

9.      Seksi Dokumentasi     : Ferdinandus U. Junda, S.Pd

DOKUMENTASI PELAKSANAAN PAS 



 JADWAL UJIAN SEMESTER GANJIL

(Catatan : Klik Mata Pelajaran sesuai tingkatan kelas peserta Ujian masing-masing untuk menuju ke soal Ujian)

Token ujian diperoleh dari pengawas ruang ujian masing-masing kelas


NO Hari/Tgl Jam Mata Pelajaran Kode Pengawas
VII VIII IX VII A VII B VIII IX A IX B
1
Senin, 5 Desember 2022
07.30-09.00 Agama Islam Agama IslamAgama Islam
09,18 10,11 12,21 13,22 14,23
Agama Katolik
Agama Katolik
Agama Katolik
09.30-11.00 Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia 15,24 16,25 17,26 09,18 10,11
2
Selasa, 6 Desember 2022
07.30-09.00 Pendidikan Kewarganegraan
Pendidikan Kewarganegraan
Pendidikan Kewarganegraan
12,21 13,22 14,23 15,24 16,25
09.30-11.00 Matematika
Matematika
Matematika
17,26 07,09 08,21 10,22 11,23
3 Rabu, 7 Desember 2022 07.30-09.00 Bahasa Inggris Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
15,18 09,24 11,16 10,25 17,21
09.30-11.00 Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial
22,26 13,22 18,14 19,23 20,27
4 Kamis, 8 Desember 2022 07.30-09.00 Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam
20,18 27,10 26,11 25,12 24,13
09.30-11.00 Seni Budaya
Seni Budaya
Seni Budaya
21,19 23,14 22,15 16,17 20,09
5 Jumat, 9 Desember 2022 07.30-09.00 Prakarya
Prakarya
Prakarya
07,17 09,18 10,19 11,20 12,21
09.30-11.00 Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan 13,22 14,23 15,24 16,25 17,26
6 Sabtu, 10 Desember 2022 07.30-09.00 Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi 16,20 17,21 18,22 19,23 20,24


 K   O  D  E      G  U  R  U  :


1.                                  1.      Maria Bernadette, S.Pd

2.      Agustina K. Krowin, S.Pd

3.      Mansuetus Jarot, S.Pd

4.      Maria M. Gaka, S.Pd

5.      Melania Rimbun, S.Pd

6.      Irmina Elsiana, S.Ag

7.      Stefania Benut, S.Pd

8.      Parung Gerardus, S.Pd

9.      Rosalia Ndee, A.Md

10.  Vitalis Cangkang, S.Pd

11.  Edeltrudis Moi, S.Pd

12.  Rosalia Mersiani, S.Pd

13.  Maria Y. Jeok, S.Pd

14. Venansia Awi, S.Pd

15.  Wilfrida Anggo, S.Pd

16.  Maria Tadeo, S.Pd

17.  Wilibrodus Jehadun, S.Pd

18.  Ferdinandus U. Junda, S.Pd

19.  Maulidin Maruf, S.Pdi

20.  Ermelinda Y. Rini, S.Pd

21.  Maria S. Ndues

22.  Hermiliana Y. Owa

23.  Charlina M. Yakobus

24.  Flaviana O. Angel

25.  Adrianus Pangkar

26.  Patrisia E. Boru

27.  Eleonora. H. Kampo

 

Thursday, June 9, 2022

Erapor ( Penilaian Akhir Semester Genap SMPN 1 Kota Komba Tahun Pelajaran 2021/2022)



 

Aplikasi e rapor SMP kurikulum 2013 versi 2.2 ini telah mencakup Kebijakan Merdeka Belajar dalam kondisi wabah covid-19. Di antaranya adalah memberikan fasilitas kepada sekolah untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), sesuai kurikulum 2013 secara menyeluruh (sesuai Permendikbud RI nomor 37 tahun 2018).

Aplikasi e rapor jenjang SMP ini dilakukan update yang bertujuan agar dapat memberikan hasil lebih baik, dengan menyesuaikan keadaan yang terjadi pada saat ini. Hal ini dimaksudkan untuk memberi fasilitas kepada tenaga pendidik (tendik) dalam perencanaan, pengolahan dan pelaporan hasil belajar peserta didik.

Dengan dirilisnya aplikasi e raport SMP K13 versi terbaru dari aplikasi e rapor ini, harapannya dapat membantu para tenaga kependidikan, guru serta wali kelas, dalam menyajikan dan mengolah hasil evaluasi belajar para peserta didik. Di samping itu dengan adanya e rapor, sekolah juga mudah dalam mencetak hasil rapor sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini yaitu Kurikulum 2013, tanpa perlu secara manual dan menuliskannya satu-satu untuk setiap siswa.

Baik sekolah satuan tingkat SD, SMP, maupun SMA dan SMK telah menggunakan aplikasi e rapor (yang sesuai dengan jenjang pendidikannya ) yang direkomendasikan untuk setiap satuan pendidikan.

Bagi sekolah yang sama sekali belum pernah menggunakan aplikasi e rapor, sangat disarankan untuk mengikuti panduan pengisian dan penggunaan e rapor SD ini dengan benar. Oleh karena itulah pada bagian akhir artikel akan kami sertakan link download file lengkap, dari master aplikasi e rapor, update terbaru hingga panduannya, sesuai dengan file yang ada pada laman http://ditsmp.kemdikbud.go.id/erapor/.

Aplikasi e-Rapor SMP sebagai salah satu instrumen akuntabilitas penilaian oleh pendidik, diharapkan dapat membantu dan mempermudah tugas pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan menganalisis hasil penilaian, mencetak rapor, serta melaporkan hasil penilaian peserta didik kepada orang tua/wali murid, hingga disinkronisasikan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 Daftar Pembaharuan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2

Versi 2.2

1.    [Pembaharuan] Penambahan sub menu Data Kompetensi Dasar pada menu Data Referensi Lokal (admin sitem paket)

2.    [Perbaikan]Perbaikan tampilan Data Kompetensi Dasar dikelompokkan berdasarkan KD dari Permen 37, Balitbang, atau Mandiri (admin sitem paket)

3.    [Pembaharuan] Penambahan menu Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket)

4.    [Pembaharuan] Penambahan menu Download Format Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket)

5.    [Pembaharuan] Penambahan menu Upload Kompetensi Dasar (admin sitem paket)

6.    [Pembaharuan] Penambahan menu aktif/non aktifkan Kompetensi Dasar secara bersamaan (Guru)

7.    [Pembaharuan] Penambahan Data Kompetensi Dasar sesuai permendikbud 37

8.    [Perbaikan]Perbaikan pengambilan data sekolah

9.    [Perbaikan]Perbaikan referensi Agama Khonghucu

10. [Perbaikan]Perbaikan pengecekan nilai yang dikirim ke dapodik

11. [Perbaikan]Nonaktif Tombol “Tanpa Setting Kertas” pada cetak rapor.

Catatan Penting Rilis Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2

 Bagi yang sudah menggunakan e-Rapor V1.1, untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara sebagai berikut:

1.    Pastikan sudah melakukan instalasi e-Rapor SMP V1.0 dan sudah update ke V1.1;

2.    Backup pekerjaan anda sebelum update ke Versi 1.2;

3.    File backup di Versi 1.1 hanya dapat di restore di Versi 1.1 (database yang sama);

4.    Lakukan updater dari Versi 1.1 ke Versi 1.2 (jangan melakukan uninstal aplikasi e-Rapor V1.1 yang sudah terinstal sebelumnya);

5.    Selama proses update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;

6.    Jika penginputan nilai rapor sudah dilakukan manual langsung di dapodik, jangan melakukan sinkron nilai e-Rapor ke dapodik karena akan menyebabkan data menjadi ganda di dapodik;

7  Sebelum melakukan sinkron ke dapodik, pastikan tidak ada data pembelajaran yang ganda;

8.    Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;

9.    Penginputan nilai USBN dapat dilakukan di e-Rapor yang kemudian disinkronkan ke dapodik.

 Bagi yang akan mulai menggunakan e-Rapor V1.2

1.    Sangat disarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan e-Rapor dan panduan penilaian;

2.    Sebelum mulai menggunakan e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; Jangan sampai ada lagi siswa salah rombel, siswa salah data rincian, penginputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat menyebabkan permasalahan bertingkat.

3.    Silakan mulai prosedur penginstalan e-Rapor mulai dari Versi 1.0, kemudian updater Versi 1.1, lalu lanjut ke updater Versi 1.2;

4.    Pastikan menginstal e-Rapor diperangkat yang terdapat aplikasi Dapodik;

5.    Selama proses instal dan update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;

6.    Setelah selesai instalasi, akan muncul 2 port yang bisa diakses. Port 2679 untuk akses local host, dan port 3679 untuk akses melalui client;

7.    Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;

8.    Pastikan untuk tidak menginstal versi 2018, karena versi tersebut adalah versi ujicoba.




bagi teman-teman yang kesulitan mendownload aplikasi Eraport daari server Kementerian, teman-teman dapat mendownload melalui link berikut : LINK DOWNLOAD ERAPOR

Featured post

ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL 2023/2024

  ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL 2023 Pendidikan    Desember 4 Desember, 2023 Asesmen sumatif , yaitu asesmen yang dilakukan untuk me...